JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP ISLAM LUMAJANG MATERI HIMPUNAN

PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP ISLAM LUMAJANG MATERI HIMPUNAN
Volume 10 - No 2
Tahun Publikasi: September 2020
Farida Ainur Riza 1), Fahmi Abdul Halim 2), Bendot Tri Utomo 3)
Download Artikel

Abstract

Pembelajaran Matematika Realistik merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk menemukan kembali konsep secara realistis. Pendekatan yang dilakukan dibuat agar siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran, saling berinteraksi secara langsung antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa yang lainnya. Pendekatan pembelajaran Matematika Realistik merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan PMR dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dan bagaimana perbedaan antara Pembelajaran Matematika Realistik pada kemampuan pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental: postest only with non equivalent grup design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Islam Lumajang sebanyak 2 kelas yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Peneliti menggunakan teknik Uji Independent Sample T-Test untuk mengetahui adanya pengaruh PMR pada kemampuan pemahaman. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan pemahaman kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 69,06dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas rata-rata sebesar 53,1%. Nilai rata-rata kelas kontrol adalah 58,55 dengan presentase siswa yang memperoleh nilai diatas rata-rata sebesar 13,3%. Hipotesis yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan Independent Sample T-Test dimana didapatkan  ditolak sementara  diterima artinya terdapat perbedaan antara Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dengan pemebelajaran Konvensional. Berdasarkan pada Uji-t Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan pemahaman materi sebanyak 10,51%.

Keyword

Pembelajaran Matematika Realistik,kemampuan pemahaman
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak